ONLINE

Selasa, 22 Februari 2011

Astaga! Jefferson Pernah Mengaku ngaku Sebagai Pengusaha Udang, Bukan Walikota

JAKARTA - Terdakwa kasus korupsi penyalahgunaan dana kas APBD kota Tomohon pada 2006 hingga 2008 Jefferson Rumajar ternyata pernah memalsukan identitasnya. Jefferson mengaburkan pekerjaannya yang selaku Walikota Tomohon periode 2005-2010 dan mengaku berprofesi sebagai seorang pengusaha.

"Dia (Jefferson) datang sebagai nasabah untuk beli valuta asing dari perusahaan kami. Dia mengaku sebagai pengusaha eksportir udang," ujar Johny Mulya Permana, Direktur PT Sinar Iriawan, dalam persidangan lanjutan Jefferson, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa (22/2/2011).

PT Sinar Iriawan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli valuta asing dan pertukaran uang (money changer). Perusahaan ini terletak di daerah Menteng, Jakarta.

Johny mengaku, kali pertama Jefferson, menyambanginya terjadi pada medio tahun 2006. Sayangnya Johny tak mengungkap apakah Jefferson juga mengubah identitas namanya, dalam perjumpaan itu.

Menurut Johny, Jefferson lalu menggunakan jasa perusahaannya untuk membeli valuta asing. Johny mengatakan, sepanjang 11 Januari 2006 hingga 18 Oktober 2008, transaksi jual beli valuta asing yang dilakukan Jefferson, mencapai sekitar Rp 32 miliar.

Jumlah sebanyak itu diantaranya berasal dari 52 Mandiri traveller
cheque (MTC) senilai masing-masing Rp 25 juta yang ditukarkan
Jefferson untuk membeli valuta asing. Rekening Johny dipercaya
mengawal transaksi penukaran MTC itu.

Sementara itu, Franky Rahmat Oscar, karyawan Johny yang juga
dihadirkan Jaksa penuntut umum sebagai saksi dalam persidangan hari ini mengaku, Jefferson melakukan aksi pembelian valuta asing, hingga senilai Rp 20,435 miliar.

"Itu secara keseluruhan menggunakan MTC, BTC (BNI Traveller cheque) atau tunai," katanya.

Khusus dengan menggunakan MTC, kata Franky, angka penukarannya untuk kemudian dibelikan valuta asing, mencapai sekitar Rp 8,810 miliar. Franky sendiri mengaku, kepada dirinya, Jefferson menggunakan 40 lembar MTC sebagai alat pembelian valuta asing itu. Pada kesempatan yang bersamaan, Jefferson menolak tegas semua keterangan yang dilontarkan kedua saksi itu.

Sumber: http://www.tribunnews.com/2011/02/22/jefferson-ngaku-pengusaha-udang-bukan-walikota Share