ONLINE

Selasa, 24 Agustus 2010

Forum DIREX Butuh Ribuan Relawan


Manado - Forum ARF Disaster Relief Exercise atau Latihan Penanggulangan Bencana di Sulawesi Utara pada  2011 akan membutuhkan tenaga relawan hingga puluhan ribu orang.

"Latihan penanggulangan bencana alam akan melibatkan berbagai negara di dunia, sehingga simulasi itu harus dimantapkan dengan melibatkan masyarakat Sulut yang cukup banyak," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sulut, Vicky Mongilala, di Manado,


Pada kegiatan Direx itu akan dikerahkan masyarakat dari berbagai lapisan, baik jajaran pegawai negeri, TNI, Polri, tenaga medis, masyarakat umum, kalangan mahasiswa, pelajar dan sebagainya.

Sementara untuk anggaran kegiatan internasional itu, akan ditanggung pemerintah pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Kementerian Luar Negeri dan sebagainya, serta dibantu pemerintah daerah.

Provinsi Sulut akan menjadi tuan rumah Forum Direx melibatkan 28 negara Asia serta ditambah dari Uni Eropa, pada Maret 2011 mendatang, dengan bentuk kegiatan upaya penanggulangan bencana ketika ada gempa bumi 7,5 skala richter yang disertai gelombang laut tsunami.

Menurutnya, Sulut sebagai tuan rumah kegiatan internasional itu dinilai sudah terbukti, karena beberapa kegiatan sebelumnya sukses digelar di daerah itu.

Sesuai informasi yang diterima bahwa skenario utama latihan simulasi gempa bumi dengan skala 7.5 SR dan tsunami di Sulut, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan perumahan warga dan infrastruktur, serta tidak berfungsinya fasilitas publik.

Untuk elemen utama latihan, kegiatan akan difokuskan pada aktivitas koordinasi di posko penanggulangan bencana, kegiatan evakuasi dan identifikasi, distribusi logistik dan kesiapan lokasi.

Lokasi yang akan dipilih nantinya, yakni di Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, serta dua titik di Kota Manado, seperti kawasan bisnis Mega Mass dan Manado Convention Center (MCC).
Share