ONLINE

Minggu, 20 Februari 2011

Dikelilingi Patahan, Sulawesi Utara Rawan Bencana Tsunami

Manado~ Kondisi Letak Geografis Sulawesi Utara yang Diapit Dua Benua dan Dua Samudera memberikan keuntungan tersendiri bagi perkembangan Ekonomi. Meski memberikan keuntungan namun kondisi seperti ini juga harus diwaspadai sebab, Sulawesi Utara ternyata juga dikelilingi oleh sejumlah Patahan Bumi yang sewaktu waktu dapat menimbulkan Gempa Bumi jika terjadi Pergeseran. 

Kepala BMKG Sulawesi Utara Slamet Suyitno mengatakan, Sulut dikelilingi oleh Empat Patahan Darat yakni Patahan Gorontalo, Amurang serta Patahan Bolmong dan Manado. Patahan tersebut sewaktu waktu dinilai bisa mengakibatkan Gempa Bumi.


Tak hanya itu, beberapa Patahan Bumi lainnya yang terdapat Dilautan juga sangat rentan mengakibatkan Gempa Bumi dan Berpotensi Tsunami. Dari penelitian yang dilakukan Sulawesi Utara dikelilingi Empat Patahan yang berada dilautan seperti Patahan Sebelah Utara Kuandang,Patahan Pantai Utara Sulawesi serta Patahan Talaud dan Timur Bitung. Dengan kondisi seperti ini Suyitno mengatakan, latihan penanganan penanggulangan Bencana Alam Tsunami yang diikuti oelh 27 Negara di Kota Manado dan Minahasa Utara, akan memberikan manfaat besar bagi Sulawesi Utara.

Masyarakat dihimbau tetap waspada sebab Bencana Alam terjadi secara tiba tiba, dan tidak ada yang bisa menahannya. Pemerintah dan Instansi Terkait dalam upaya penanganannya hanya bisa Meminimalisir dampak dari Bencana tersebut.

Sumber : http://www.pacifictv.tv/manado/2757-dikelilingi-patahan-sulawesi-utara-rawan-tsunami.html Share