ONLINE


Selasa, 22 Februari 2011

Gunung Lokon Semburkan Debu Vulkanik dan Asap

Setelah sekian lama tidak menunjukkan aktifitas, Selasa (22/02) Gunung Lokon salah satu gunung api aktif, yang terletak di Kota Tomohon Sulawesi Utara, memperlihatkan tanda-tanda peningkatan status dengan mengeluarkan debu.

Asap hitam mulai kelihatan mucul dari lobang gunung tersebut sekitar pukul 07.00 Wita. Karena hujan, tidak terlalu terlihat. Namun ini membuat sebagian besar warga masyarakat Tomohon menjadi panik.
Warga yang berada di sekitar, seperti di Kakaskasen dan Kinilow mulai  was-was. Mereka masih terbayang bagaimana ganasnya gunung Lokon apabila mengeluarkan semburan.
Sekitar pukul 08.00 Wita, debu mulai jatuh di pemukiman warga. Mereka yang tidak tahu ada aktifitas Gunung Lokon sebelumnya kaget karena tiba-tiba baju mereka sudah dipenuhi debu.
‘’Kami tidak tahu kalau Gunung Lokon baru menyemburkan debu,’’ ungkap beberapa warga.

Gunung Lokon yang memiliki ketinggian 1.689 m di atas permukaan laut pada Oktober 1991 pernah meletus hebat yang menimbulkan kerugian sekitar Rp 1 Miliar.
Ribuan jiwa penduduk Kakaskasen Kinilow dan Tinoor, ketika itu sempat diungsikan  ke sejumlah daerah yang aman.  Dalam musibah tersebut, seorang wisatawan asal Swiss, Vivian Clavel
yang berkunjung saat terjadi letusan hebat itu tidak dapat ditemukan. Ia dipastikan tewas tertimbun longsoran lahar dingin

Terakhir gunung Lokon meletus pada pada tahun 2001. Sebagian wilayah Kota Manado yang berjarak sekitar 25 Km dari gunung tersebut, ditutupi hujan debu yang mengguyur disebabkan karena tiupan angin. Material debu yang dikeluarkan dari kawah gunung api ini berbentuk lava pijar dan ketinggiannya diperkirakan mencapai 400 meter. Share