ONLINE

Rabu, 16 Februari 2011

Pelabuhan Penyeberangan Amurang Siap Uji Coba

Setelah mengecek kondisi dermaga Pelabuhan Penyeberangan Amurang Kementrian Perhubungan RI merekomendasikan Pemkab Minsel melalui Dinas Pehubungan untuk mengadakan uji coba.

"Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Angkatan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) sudah mengecek lokasi dermaga dan mereka sarankan adakan uji coba," ujar Jimmy Tamon, Kadishub Minsel kepada wartawan Rabu (16/02/2011).

Lanjut Tamon, karena ada kerjasama dengan PT Ferry ASDP di Bitung, jadi uji coba akan meminjam kapal mereka. "Jadi kami akan pinjam untuk uji coba, KM Porodisa yang melintasi Bitung-Melangguane. Tentunya kalau kapal itu lagi off melayani baru bisa kita pinjam," ujarnya.

Tetapi Kata Tamon, tentunya akan ada kordinasi dan konfirmasi juga ke provinsi, mengenai peminjaman kapal tersebut.

Kementrian Perhubungan juga sudah menyurati Bupati Minsel mengenai hal-hal lain yang harus dieprsiapkan. "Surat itu mengenai kesanggupan Pemkab Minsel mengelola pelabuhan penyeberangan Amurang. Dan itu tinggal ditandatangani bupati lalu dikirim kembali ke Kementrian Perhubungan. Selanjutnya Dirjen keluarkan SK penetapan lintas Amurang-Tolitoli." Ujarnya menjelaskana.

Setelah nantinya SK Keluar, maka Minsel akan memakai KM Julung-Julung yang melintasi Amurang-Tolitoli tersebut. "KM Julung-Julung itu akan melayani lintasan Tolitoli-Tarakan-Amurang," ucap dia.

Ditanyakan kapal baru untuk penyebrangan di Minsel, kata Tamon mereka sudah usulkan itu, dan telah ada lampu hijau dari Kementrian Perhubungan.

"Sudah ada lampu hijau dari sana untuk kapal ferry yang kapasitanya lebih besar, tapi jangka waktu membuat  kapal itu dua tahun," pungkasnya.
Sumber : http://manado.tribunnews.com/2011/02/16/pelabuhan-penyeberangan-amurang-siap-uji-coba Share