ONLINE

Kamis, 31 Maret 2011

Lokasi Wisata Gunung Mahawu Mulai Rawan

Polisi Hutan Dan Aparat Polsek Diminta Diaktifkan 


TOMOHON - ancaman yang menimpa Keluarga Pandeirot-Oley yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggungjawab Rabu (30/3) sekira pukul 01:35 Wita di lokasi wisata gunung Mahawu mulai membuat banyak pihak cemas dengan keamanan di lokasi tersebut.

Seperti yang dituturkan Ketua LSM Apostolos Tomohon Pendeta Jermias Robert Pandeirot STh kepada koran ini kemarin. Saat itu ia mencoba untuk menghalangi sejumlah pasangan pria dan wanita (4-5 orang) yang datang menggunakan kendaraan sejenis Avanza untuk memasuki lokasi wisata gunung Mahawu.

Karena sudah larut, sang pendeta bermaksud untuk menegur dan tidak membukakan portal (Pagar pembatas) sehingga mereka tidak bisa memasuki daerah wisata tersebut.

Waktu itu kita sempat jelaskan bahwa waktu kunjungan sudah lewat batas waktu, lagi pula sudah dinihari demi keamanan dan ketertiban, terang Pandeirot. Bukannya memaklumi penjelasan tersebut, oknum tak bertanggungjawab itu malah naik pitam dan mengeluarkan kata-kata makian bernada ancaman.

Nanti lia jo torang mo bongkar ini pagar, ujar Pandeirot menirukan suara oknum tersebut. Tak lama kemudian, sang isteri Ketua LSM Apostolos Sulut Vera Oley SH datang menghampiri dan ikut memberikan penjelasan. Hanya saja, nada-nada berbau ancaman tetap dilontarkan.

Waktu itu kita putuskan untuk lapor ke polisi Tomohon Tengah dengan adanya ancaman ini, ungkap Oley yang dikenal sebagai aktivis lingkungan ini. Ia menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan aturan untuk pagar pembatas dibuka pukul 05:00-17:00 Wita. Untuk itu, setiap lurah dan camat yang ada di Kota Bunga untuk mengimbau warganya yang akan masuk ke wisata Gunung Mahawu agar wajib lapor di pondok yang biasanya dijadikan tempat basecamp.

Mari kita jaga keamanan dan ketertiban wisata gunung Mahawu sehingga turis mancanegara maupun domestik bisa betah berkunjung disini, tutup Oley yang stand by setiap saat menjaga habitat lingkungan di gunung Mahawu ini.

Sumber : http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=91151# Share