ONLINE

Senin, 28 Maret 2011

Polres Tomohon Tahan 11 Sepeda Motor

TOMOHON - Jajaran Polres Tomohon menahan sedikitnya 11 sepeda motor, 3 mobil pick up dalam operasi simpatik yang digelar di ruas jalan Kakaskasen III tepatnya depan Kantor Walikota lama (Ex Rindam), Sabtu (26/3) malam akhir pekan lalu.

Kompol Linus Kendek, Kabag Ops Polres Tomohon mewakili Kapolres AKBP Suyanto mengatakan ditahannya puluhan kendaraan bermotor tersebut disebabkan tak adanya kelengkapan dokumen dari pengendara maupun pengemudi kendaraan bermotor. "Saat dilakukan pemeriksaan mereka tak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK), jadi harus ditahan," ujarnya, Minggu (27/3).

Penahanan itu, kata Linus dilakukan untuk menjamin keamanan jiwa maupun kendaraan milik warga, sebab akhir-akhir ini aksi pencurian  kendaraan bermotor  dengan modus berpura-pura minta diantarkan ke suatu tempat tertentu marak terjadi, terutama di Kota Tomohon. "Tujuan operasi ini juga untuk menjaring dan mendeteksi pelaku pencurian kendaraan bermotor, karena bisa saja yang melintas di Kota Tomohon dan tak membawa dokumen adalah kendaraan hasil tindak kriminal," katanya.

Selain menindak, Polres Tomohon juga memerikan pembinaan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor dengan tidak tertib. "Kami tak hanya menindak, tapi juga memberi teguran terhadap sekitar 23 warga yang tidak memasang kaca spion, knalpot racing, tidak memakai sabuk pengaman untuk roda empat, dan tidak memasang lampu rem serta lampu sein yang tak menyala. Teguran ini untuk menjamin keselamatan mereka juga," tegas Linus.

Sementara itu, Andre Watopa, warga Kakaskasen III memberi apresiasi positif terhadap kinerja aparat kepolisian yang mampu menjaring puluhan pelanggar lalu lintas di jalan raya, karena dengan demikian suasana kamtibmas di Kota Tomohon bisa lebih terjamin. "Operasi seperti itu perlu digalakkan terus, agar masyarakat lebih sadar berlalu lintas dan tak ada aksi ugal-ugalan lagi dijalan yang bisa membahayakan keselamatan orang lain," tukasnya. Share