ONLINE

Sabtu, 12 Maret 2011

Tsunami Picu Kepanikan Warga Manado

Kemungkinan besar Tsunami tidak akan terjadi di Sulawesi Utara

Manado - Gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter disertai Tsunami yang melanda bagian timur dan utara Jepang yang mengarah ke arah timur, diantaranya Papua, Malut, Sulut. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Manado,  sempat memperkirakan pukul 19.00 Wita dampaknya akan ke arah timur indonesia. Namun hingga malam hari, pihak BMKG telah memasang alat pengukur aktifitas gelombang di sejumlah titik yang ada di beberapa pulau yang ada di Sulawesi Utara.


Berdasarkan pantauan Pacific TV, Masyarakat yang tinggal di dataran rendah seperti di daerah tepi pantai, mulai berdatangan ke arah wilayah dataran tinggi pasca mendengar peringatan Tsunami. 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah Sulut, Slamet Suyitno mengatakan kemungkinan besar Tsunami tidak akan terjadi di Sulawesi Utara. Pasalnya hingga pukul 20.00 Wita, ketinggian gelombang di pulau paling timur Indonesia,hanya 10 CM. BMKG Manado menghimbau Warga agar tidak panik mendengar kabar Tsunami, meski demikian pihaknya tetapakan memberi tanda 30 Menit sebelum persitiwa Tsunami terjadi melalui Sirine.

Sumber : Pasifik TV Share