ONLINE

Jumat, 08 April 2011

Bantuan Bencana di Tomohon tak Jelas

TOMOHON -- Kerusakan rumah warga akibat bencana angin puting beliung Sabtu (2/4) lalu di Kota Tomohon mencapai 393 rumah dari rekapitulasi Data Penanggulangan Bencana di lima kecamatan hingga Jumat (8/4).

Untuk Kecamatan Tomohon Utara rumah rusak mencapai 125 dengan kerugian Rp 114 Juta, Tomohon Timur 114 rumah dan Tomohon Barat 82 rumah dengan kerugian Rp 113 Juta. Sedangkan untuk dua Kecamatan lain yakni Tomohon Tengah rumah rusak 4 dan Selatan mencapai 68 rumah.

Willem Runtukahu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Kota Tomohon mengatakan data kerusakan tersebut masih akan diferivikasi lagi oleh tim khusus untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada para korban. "Data yang sudah ada belum bisa menjadi acuan untuk penyaluran bantuan, masih akan diferivikasi lagi agar tak terjadi kesalahan dalam penyaluran bantuan," jelasnya mewakili Kepala Badan Royke Roeroe.

Meski data untuk digunakan dalam penyaluran bantuan belum rampung, namun ia menjamin bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran karena diprioritaskan bagi warga dari kalangan menengah ke bawah. "Prioritas bantuan akan diberikan kepada warga yang kurang mampu yakni mereka dari golongan menengah ke bawah, untuk kalangan pelaku bisnis mungkin tak diberi bantuan," tegasnya.

Hingga kemarin cuaca di Kota Tomohon masih terus diguyur hujan deras, tanpa disertai angin kencang seperti pekan sebelumnya. Kendati begitu, ia berharap warga tetap waspada karena bencana longsor dan banjir bisa mengancam kapan saja.
(Tribun Sulut) Share