ONLINE

Sabtu, 02 April 2011

Sulut Waspadai Badai Tropis

MANADO - Badai Tropis merupakan gerak berputar udara yang terjadi di perairan laut tropis dengan kecepatan angin berkisar antara 63-115 kilometer per-jam, disertai dengan hujan yang sangat lebat.

Umumnya Badai Tropis tumbuh dari hujan badai (thunderstorm) yang berasal dari awan cumulo nimbus (awan hujan gelap) dan suhu permukaan laut yang tinggi lebih dari 26,5 derajat celcius sebagai sumber panas.

Berdasar BMKG Sam Ratulangi Sulut, letak Sulut yang berada di sebelah Utara Equator (Garis Khatulistiwa) akibatkan perairan di sekitarnya dipengaruhi oleh Badai Tropis yang terbentuk di Pantai Barat Laut Samudera Pasifik (wilayah Filipin) dan Laut Cina Selatan yang akibatkan terjadinya hujan deras disertai angin kencang.

Selain itu Sulut juga dipengaruhi oleh badai tropis yang tumbuh di perairan Barat Laut Australia yang mengakibatkan udara kering. Badai Tropis di Filipina dan Laut Cina Selatan secara umum terjadi pada bulan Maret-Oktober, sedangkan Badai Tropis di Australia terjadi pada September-April.

Tribun Sulut Share