ONLINE

Minggu, 03 Juli 2011

Masih Siaga, Status Lokon Dievaluasi Tim Tanggap Darurat

TOMOHON - Status Lokon belum diturunkan dari Status Level III Siaga. Menurut Kepala Pos Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskandabina, pihaknya bersama tim tanggap darurat akan mengevaluasi dua hingga tiga hari ke depan soal status tersebut.

‘’Hingga saat ini, aktifitas masih saja terjadi. Gempa masih tetap ada dan pergerakan dari dalam masih terlihat. Kita akan evaluasi apakah statusnya akan dinaikkan atau diturunkan,’’ ungkap Farid kepada wartawan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Ir Royke Ambrosius Roeroe mengatakan, untuk menjaga segala kemungkinan, pihaknya telah mempersiapkan jalur evakuasi dan lokasi-lokasi pengungsian. Bukan hanya di Kota Tomohon saja, namun hingga ke Kabupaten Minahasa.
Lokasi pengungsian di luar Tomohon terdapat di Tondano, yakni Wale Ne Tou Minahasa, eks Pabrik Rokok Tapos dan di Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Pineleng.

‘’Yang pasti, ini sudah dipersiapkan. Kami juga terus melakukan sosialisasi agar masyarakat maupun petugas tidak gagap dan gugup tapi tanggap,’’ tukas Roeroe. Share