ONLINE

Rabu, 05 Oktober 2011

Pesawat Garuda Asal Manado Diteror Bom

MANADO -  Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-501 rute Manado ke Jakarta, diancam akan diledakkan oleh orang yang mengaku bernama Denny Michael Karundeng, Rabu, 5 Oktober 2011. Ancaman disampaikan lewat pesan faks yang dikirimkan ke sejumlah media lokal di Kota Manado.

 
Dalam faksimili itu, disebutkan penerbangan tujuan Jakarta dari Bandara Sam Ratulangi, pukul 15.45 WITA sudah dipasangi bom c-4 dengan pemicu timer detonator jarak jauh. 
 
Bom tersebut akan diledakkan 30 menit sebelum mendarat di Jakarta. Karena itu pesawat tersebut harus segera kembali ke Bandara Sam Ratulangi atau ke bandara lainnya yang terdekat dengan jalur penerbangan tersebut. Dalam faks tersebut, peneror juga menyebutkan jika bahan bakar dari pesawat tersebut harus dibuang dan pemadam kebakaran harus siaga.
 
Pihak Polda Sulawesi Utara langsung turun ke lapangan mengecek ancaman teror bom tersebut. Bahkan di Bandar Udara Sam Ratulangi langsung dibentuk pos siaga. Tim gabungan dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut, Bandar Udara dan Kepolisian langsung membahas teror tersebut.
 
Airport Duty Manager Bandar Udara Sam Ratulangi Juffry Wagoneyang  membenarkan adanya teror tersebut. "Memang ada teror bom tersebut," ujar Wagone saat dihubungi.
 
Namun Wagone mengatakan jika ancaman tersebut hanya isapan jempol belaka. Sebab, pesawat tersebut telah mendarat dengan aman di Bandar Udara Cengkareng Jakarta pada pukul 17.01 WITA. "Ancaman bom tersebut tak terbukti karena pesawatnya sudah mendarat dengan aman di Cengkareng," ujar Wagone.
Share