ONLINE

Selasa, 13 September 2011

Gunung Lokon Kembali Meletus

TOMOHON ~ Sekitar pukul 06.06 Wita dan 09.18 Wita, Selasa (13/9/2011), Gunung Berapi Lokon, di Tomohon, Sulawesi Utara meletus  lagi.

 
Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid Ruskanda Bina di Tomohon, Selasa (13/9), letusan dikategorikan kecil. Namun ketinggian debu tidak bisa diperkirakan karena di kawah Tompaluan Gunung Lokon tertutup kabut.
 
Data seismik selang pukul 00.00-06.00 Wita sebelum letusan, dijelaskannya terjadi satu kali gempa vulkanik jauh, empat kali gempa vulkanik dangkal dan empat kali gempa embusan. 
 
Tremor yang terekam juga masih terjadi terus menerus dengan amplitudo 0,3-3 milimeter, dominan satu milimeter. "Tapi bukan berarti Gunung Lokon telah berhenti beraktivitas," ujar Bina. 
 
Dia memprediksi, Gunung Lokon sementara membentuk kubah lava. Hal ini bisa tergambar dari tremor yang masih terus terekam dan gempa vulkanik dangkal yang masih terjadi.  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung masih menetapkan status Gunung Lokon Siaga level III.
Share