ONLINE

Selasa, 10 Agustus 2010

Hasil pleno rekapitulasi suara KPU J2 Menang Satu Putaran

Tomohon, Jefferson SM Rumajar SE yang berpasangan dengan Jimmy F Eman SE Ak (J2) adalah top eksekutif pilihan rakyat Tomohon untuk perio-de 2010-2015. J2 dinyatakan menang satu putaran dalam Pemilukada Kota Bunga yang berlangsung 3 Agustus lalu. Kemenangan J2 ini dipas-tikan bukan hanya lewat quick count, melainkan ber-dasarkan pleno rekapitulasi suarat suara yang digelar KPUD Tomohon, Sabtu (07/07) lalu.

Dalam pleno tersebut, J2 berada di posisi puncak de-ngan perolehan 21.201 suara atau 37,77 persen dari total 56.137 surat suara sah. “De-ngan hasil yang ada ini, maka dipastikan Pemilukada Kota Tomohon berlangsung dalam satu putaran,” ungkap Ketua KPUD Kota Tomohon, Joudy RR Sangari. Angka perolehan tersebut tidak berbeda jauh dengan hasil hitung cepat yang dilakukan KPU Tomohon se-saat usai pemungutan suara pada tanggal 3 Agustus lalu.
Prosentase perolehan suara masing-masing calon tetap sama. Angka yang berbeda hanya berada di belakang koma saja. Menyusul pasangan J2, adalah pasangan koalisi Partai Demokrat dan PDIP, Linneke Syennie Watoelangkow-Jimmy Wewengkang yang terpaut 2,53 persen. Dengan raihan suara 19.875, Syennie-Wewengkang hanya memperoleh 35.24 per-sen suara.
Di tempat ketiga ada pasa-ngan dari jalur perseorangan, Caroll Senduk-Agust El Paat dengan raihan 10.964 suara atau 19.53 persen. Perolehan suara paling sedikit didapat pasangan Jeffry Motoh-Johny Mambu. Pasangan nomor urut empat ini memperoleh 4.187 suara atau hanya 7,45 persen. “Untuk rapat pleno penetapan calon terpilih, akan dilaksana-kan pada tanggal 10 Agustus mendatang. Selang waktu an-tara pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan calon merupakan masa uji publik calon.
“Jika ada masukan-masukan dari masyarakat mengenai calon, bisa dilakukan pada masa itu,” kata Sangari. Pleno rekapitulasi yang dilaksanakan Sabtu pagi hingga malam hari tersebut, berjalan aman. Hanya ada perdebatan kecil meng-awali rapat pleno. Anggota Panwaslukada Kota Tomohon Jemmy Lumintang sempat me-minta KPU Kota Tomohon un-tuk melakukan penghitungan ulang pada saat usai pemba-caan hasil pemungutan dari PPK Tomohon Barat yang men-dapat giliran pertama. Ini lan-taran kemungkinan banyaknya surat suara yang dinyatakan tidak sah lantaran tercoblos ganda. Padahal, apabila dite-mukan surat suara seperti itu maka sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2010 maka dinyatakan sah.
Hal tersebut mendapat duku-ngan dari saksi pasangan Syennie Watoelangkow-Jimmy Wewengkang, Donald Kuhon. Dia menilai PPK Tomohon Barat seakan membiarkan keabsahan surat suara yang tercoblos ganda tersebut. Na-mun permintaan Lumintang tersebut ditolak Ketua KPUD, Sangari. Alasannya proses tersebut seharusnya dilakukan pada saat pleno rekapitulasi di tingkat PPK. Selain itu, petugas Panwascam Tomohon Barat juga tidak pernah mereko-mendasikan untuk mengada-kan perhitungan ulang.
Namun dia mengakui infor-masi mengenai Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2010 tersebut lamban sampai di penye-lenggara pemilukada di bawa KPU Kota Tomohon. “Peraturan ini keluar setelah kami mela-kukan bimbingan teknis ke-pada KPPS,” kata dia. Kendati bisa menerima penjelasan dari pihak KPU, Kuhon tetap mela-yangkan keberatan terhadap permasalahan tersebut. Sete-lah perdebatan tersebut selesai, pleno rekapitulasi tersebut berlangsung hampir tanpa riak-riak. Namun kemudian diakhir rapat, kembali muncul per-soalan. Hal ini terjadi pada saat rekapitulasi hasil perhitungan Tomohon Tengah.
Terdapat perbedaan jumlah pemilih yang mencapai 17 orang dengan hasil perhitungan sua-ra. Ternyata, 17 pemilih terse-but merupakan pemilih tam-bahan yang direkomendasi oleh Panwaslukada. Namun, PPK Tomohon Tengah masih meng-hitung berdasarkan DPT yang belum diperbaiki. Secara umum, proses rekapitulasi tersebut berjalan baik dan bisa diterima para saksi yang hadir.
EMAN
Meski belum dilantik, namun Jimmy Fidy Eman (JFE) sudah dapat dipastikan mencatat sejarah sebagai wakil walikota kedua di Kota Tomohon. Diper-caya rakyat menduduki sebuah jabatan penting di jajaran Peme-rintah Kota Tomohon baginya adalah sebuah amanah. Hal itu dikatakan Eman menanggapi hasil pemilukada yang memas-tikan, dirinya bersama Walikota Jefferson Rumajar terpilih di-percayakan rakyat memimpin Tomohon lima tahun ke depan. “Syukur dan Puji Tuhan semua ini tidak lepas dari dukungan dan doa seluruh rakyat Kota Tomohon,”terangnya.
Eman yang sebelumnya men-jabat Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Tomohon mengaku, dengan pengalamannya selama kurang lebih beberapa tahun mengabdi sebagai wakil rakyat di DPRD, dia yakin akan mam-pu menjalani amanah rakyat pada tugas baru sebagai wakil walikota. “Saya akan memberi-kan yang terbaik terkait masalah tugas yang diperlukan walikota. Akan saling bersinergi, “ tegas peraih suara terbanyak Pilcaleg 2009 ini. Pengusaha yang kini terjun di dunia politik itu me-minta dukungan seluruh pi-hak nantinya dalam men-jalankan tugasnya ke depan. “Saya akan berusaha yang terbaik menjalankan amanah ini, saya harap semua turut memberi dukungan terhadap kami guna menjalankan tugas,” pintanya.
Share