ONLINE

Senin, 09 Agustus 2010

LSW-JSW Belum Akui Kemenangan J2

Tomohon, KOMENTAR
Sebagaimana hasil penghi-tungan cepat yang dilakukan KPU Tomohon, pasangan calon walikota-wakil walikota dari Partai Golkar, Jefferson Ruma-jar-Jimmy Eman, mencatat perolehan suara terbanyak me-ngungguli pasangan calon lain-nya. Hanya saja, hasil tersebut belum diterima secara sportif oleh kubu Linneke Syennie Wa-tulangkouw-Jimmy Weweng-kang (LSW-JSW), pasangan calon koalisi Partai Demokrat-PDIP.

Bahkan, kubu LSW-JSW mengaku telah menyiapkan laporan dugaan kecurangan yang terjadi pada pilwako baru-baru ini. “Ada beberapa indikasi kecurangan yang saat ini sedang kami kaji un-tuk dijadikan bahan guga-tan,” kata Sekretaris Tim Kampanye LSW-JSW Johanis Wilar kepada wartawan,
Indikasi curang, menurut Wilar, diantaranya pengge-lembungan suara dibeberapa kelurahan. “Bahkan ada kasus di mana pemilih diarahkan untuk memilih calon tertentu. Surat suaranya sudah dalam keadaan tercoblos,” ungkap Wilar.
Sayangnya, Wilar tidak me-nyebutkan di TPS mana peng-gelembungan suara tersebut terjadi. “Hasil rapat tim memu-tuskan untuk menelusuri kem-bali hasil perhitungan suara di tingkat kelurahan,” katanya.
Sementara itu, Ronald Taro-reh, salah satu aktifis pemuda Kota Tomohon mengimbau ke-pada pasangan yang kalah le-gowo dan gentle. “Ini hanya se-buah kompetisi. Menang dan kalah biasa. Kalaupun ada in-dikasi kecurangan, silakan me-nggugat sesuai mekanisme yang telah diatur. Namun me-nurut saya, sejauh ini Pilwako Tomohon sudah berjalan de-ngan baik,” katanya.
Pada bagian lain, Ketua KPU Tomohon Joudy Sangari mem-persilakan kandidat lain yang merasa tidak puas untuk me-nggugat. “Tapi sebelum meng-gugat, sebaiknya mereka me-ngingat kembali apa yang telah diikrarkan sebelum tahapan kampanye, yaitu siap menang dan siap kalah,” ujar Jou-dy
Share