ONLINE

Minggu, 15 Agustus 2010

Mamuaja Lantik Tiga Penjabat Bupati Walikota

MANADO~ Jika tak ada aral, Minggu (15/8/2010) siang  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Drs Robby Mamuaja akan melantik tiga pejabat yang ditetapkan sebagai Plt Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Utara (Minut) dan Wali Kota Tomohon.


"Minggu pukul 11.00 Wita akan dilaksanakan pelantikan tiga penjabat oleh Pak Gubernur (Mamuaja) di Ruang Huyula. Semua sudah siap. Undangannya sudah kami edarkan," jelas Roy Tumiwa, Karo Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut,

Agenda pelantikan dimajukan sehari dari rencana semula, Senin besok. Tiga pejabat tersebut, masing-masing Drs Rudi Umboh, Sekretaris Daerah (Sekda) Minut sebagai Plt Bupati Minut, Drs Mecky Onibala selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut sebagai Plt Bupati Minsel dan Gerson Muaja, Asisten I Pemko Tomohon sebagai Plt Wali Kota Tomohon.

Gubernur wajib menetapkan pejabat di tiga daerah tersebut menyusul berakhirnya jabatan  Ramoy Luntungan (Minsel) besok, Sompie Singal (Minut) pada Senin lusa. Suatu pengecualian, jabatan Jefferson Rumajar di Tomohon berakhir sejak 4 Agustus lalu. Tugas sehari-hari Wali Kota Tomohon dijalankan Plt Sekda, Fentje Goni.

"Penetapan Plt Bupati dan Walikota dilakukan agar tidak terjadi kekosongan jabatan pada posisi tersebut. Satu hari saja tidak bisa lowong makanya pelantikan dilakukan hari Minggu sebab jabatan Bupati Minsel berakhir tanggal 15 Agustus (Hari ini)," kata Tumiwa.

Ia menjelaskan, Onibala, Muaya, dan Umboh tetap merangkap jabatan sebelumnya. Mereka bertugas mengendalikan pemerintahan di wilayah masing-masing hingga pelantikan bupati dan walikota terpilih. "Jabatan mereka berakhir jika bupati dan walikota terpilih dilantik. Melihat kondisi yang ada, Pak Onibala kemungkinan besar paling lama menjabat sebab Pemilukada Minsel akan berlangsung dua putaran," tegasnya.

Sumber : http://www.tribunmanado.co.id/read/artikel/7352 Share