ONLINE

Senin, 23 Agustus 2010

Pengucapan Syukur, Tondano Macet Total

TONDANO~ Pengucapan syukur sebagian warga di Kabupaten Minahasa yang digelar Minggu (22/8) kemarin, cukup meriah. Selain tumpah ruahnya warga di sepanjang jalan, ibu Kota Minahasa (Tondano) pun macet total.
Ratusan kendaraan terjebak dalam kemacetan saat akan masuk dan keluar dari Kota Tondano.
dari pantauan, antrian kendaraan yang akan merayakan pengucapan syukur di ibu Kota Tondano, Eris dan Kecamatan Lembean Timur (Tondano pente red), cukup panjang. Saat masuk ke Tondano dari arah Kota Tomohon, kemacetan terjadi hingga Kota Bunga. Sementara di dalam Kota Tondano, seluruh jalanan termasuk lorong-lorong sudah sesak dengan kendaraan roda dua dan empat bahkan pejalan kaki.
Tak hanya dari arah Kota Tomohon, namun dari arah Desa Tanggari Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa dan dari arah Desa Kembes menuju ke Kecamatan Tombulu tembus ke Tondano pun macet total. Ratusan kendaraan terperangkap macet hingga berjam-jam lamannya.
Dari arah Kota Tomohon, semua jenis kendaraan harus rela antri hingga lima jam lamanya agar bisa tembus ke Kota Tondano. Begitu pula dengan arus balik atau kendaraan yang akan keluar dari Tondao, harus rela antri hingga tiga jam lamanya agar bisa tembus ke Kota Tomohon lalu melanjutkan perjalanan ke Manado dan sekitarnya.
Sementara itu, aparat kepolisian dari Polres Minahasa, terus melakukan penjagaan di sejumlah titik rawan kemacetan. Bahkan mereka rela berpanas-panas guna mengatur lalulintas. Namun meski sudah ada petugas, arus masuk kendaraan tak bisa dibendung, sehingga aparat kepolisian terlihat sedikit kelimpungan mengatasinya. “Ini memang sudah diantisipasi, terlebih daerah Minahasa yang turut menjadi daerah yang melakukan panen raya cengkih. Memang kepadatan tak bisa dibatasi karena ini sudah menjadi tradisi warga. Tapi apapun yang terjadi, kami tetap siaga untuk melakukan pengamanan baik kamtibmas dan lalulintas,” tegas Kapolres Minahasa AKBP WD Herman SIK MSi melalui Kasat Lantas AKP Muhammad Islam SIK kemarin. Share