ONLINE

Senin, 23 Agustus 2010

Tiga Tahun, TTP Guru Tomohon ‘Lenyap’

Tomohon~  Nasib tenaga pengajar atau guru di Kota Tomohon, nampaknya terus menjadi sasaran empuk para  oknum tak bertanggungjawab.
Buktinya, Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) bagi guru PNS non sertifikasi untuk tahun anggaran 2007 berbanrol Rp500 juta, hingga saat ini belum juga disalurkan oleh dinas terkait. Diduga, anggaran jutaan rupiah ini telah ditilep oknum tertentu di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.
Informasi yang dirangkum  menyebutkan, TTP yang tidak disalurkan di tahun 2007 itu selama empat bulan. Padahal, pemerintah telah menetapkan TTP dialokasikan Rp100 ribu per bulan untuk satu orang. Dan saat itu ada sekitar 1.120 orang guru PNS non sertifikasi di Kota Bunga yang belum menerima TTP empat bulan tersebut. “Total TTP yang belum dibayarkan, Rp400 ribu per orang selama empat bulan.  kami sudah beberapa kali menanyakan uang TTP ini, namun sampai saat ini tidak digubris dan dibayarkan dengan alasan yang tak jelas,”  tegas sejumlah guru kepada wartawan.
Lebih jauh ditegaskan para guru ini, mereka tidak hanya mempertanyakan langsung di bagian pengelola keuangan, namun setiap penyelenggaraan HUT PGRI di Kota Tomohon, mereka selalu mempertanyakan masalah ini ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dimana mereka bernaung. Namun sayang, pimpinan mereka di Dinas hanya mengumbar janji-janji saja.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Tomohon Drs Eddy J Turang ketika dikonfirmasi terkesan menghindar. Dia tak menjawab sedikitpun pertanyaan seputar keberadaan dana TTP tersebut. Kadis Pendidikan ini ketika didekati wartawan, langsung menghindar sambil menyatakan kalau dia sudah ditunggu pejabat lainnya untuk ikut rapat. Demikian pula ketika dikonfirmasi melalui telepon genggam, bahkan via layanan pesan singkat dia tidak menggubrisnya. Share