ONLINE

Senin, 23 Agustus 2010

Tunjangan Enam Bulan Guru Akan Segera Dibayar

Roby Mamuaja
TONDANO - Ribuan guru di Minahasa sebentar lagi akan menerima tunjangan sertifikasi. Pasalnya, Plt Gubernur Sulawesi Utara Robby Mamuaja telah menandatangani pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perobahan (APBD-P) 2010 Minahasa, Jumat (20/8/2010) pekan lalu.


Kabar penandatanganan tersebut membuat semua guru bersertifikasi di Minahasa merasa gembira. Robert K, seorang guru di SMA Negeri Tondano mengatakan, kabar gembira inilah yang selama enam bulan terakhir ini ia nantikan.

"Ini adalah kabar gembira bagi kami, karena Pemkab Minahasa pasti akan segera membayarkan tunjangan sertifikasi kami. Saya tidak sabar untuk menerima tunjangan saya yang mungkin mencapai sekitar Rp 16 juta. Rencananya uang itu akan digunakan untuk modal usaha ternak babi," ujarnya saat berbincang dengan wartawan, Senin (23/8/2010).

Sementara itu, Linda, seorang guru SMP di Minahasa juga mengaku senang mendengar kabar penandatanganan APBD-P tersebut. Menurutnya, tunjangan sertifikasi yang akan diterimanya akan digunakan untuk membayar utang saat membiayai anaknya yang melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

"Jika kabar itu benar, semua guru pasti senang. Memang penyaluran tunjangan ini sedikit terlambat, namun kami tetap merasa senang. Semoga tidak ada hambatan lagi dalam penyaluran hak kami sebagai guru profesional," ujarnya.

Adapun informasi penandatanganan pengesahan APBD-P 2010 diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Minahasa Frits Tairas kepada wartawan. Menurutnya, sesuai aturan yang berlaku saat ini, sebelum menggunakan dana APBD-P, usulan perubahan anggaran tersebut harus diperiksa dan disahkan pemprov.

"Memang ini ada peraturan yang baru, karena pada tahun-tahun sebelumnya perubahan APBD tidak perlu disahkan pemprov, melainkan cukup dengan pengesahan Bupati Minahasa. Pengesahan APBD-P ini adalah kabar baik untuk masyarakat Minahasa karena pembangunan bisa kembali dilaksanakan," ujarnya tanpa memastikan apakah APBD-P tersebut telah dikirimkan ke Minahasa atau belum.

Selain bisa membayarkan tunjangan sertifikasi dan tunjangan tambahan penghasilan untuk guru, Pemkab Minahasa juga bisa melanjutkan pembangunan fisik sesuai anggaran yang telah dianggarkan. Sebelumnya, semua pembiayaan di Minahasa terpaksa terhenti selama beberapa minggu karena pengesahan APBD-P lambat disahkan.

seperti di beritakan Tribun Manado sebelumnya (19 Agustus), Robby Mamuaja kaget saat dikonfirmasi tentang enam bulan pembayaran tunjangan sertifikasi guru yang belum dibayar karena APBD-P belum ditandatangani gubernur. "Tunjangan ini kan dibayar tiap enam bulan. Setahu saya, paling lambat Juni atau Juli tunjangan ini sudah dicairkan," tutur Mamuaja sembari berjanji akan memeriksa berkas APBD-P Minahasa.

Sumber : http://www.tribunmanado.co.id/read/artikel/7477 Share