ONLINE

Minggu, 05 September 2010

196 Kotak Suara Aman

TOMOHON— 196 Kotak Suara hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon 4 Agustus lalu dijaga ketat oleh aparat Polres Tomohon.dari pantauan, gudang tempat penyimpanan kotak suara di kantor KPUD Tomohon sudah diisolir.
Tampak di depan pintu ruangan sudah dipagari dengan sejumlah balok agar tidak dimasuki pihak-pihak yang berkompeten. “Siapapun tidak diizinkan masuk dalam ruangan tersebut,  kecuali komisioner yang harus ditemani petugas Polres Tomohon,” jelas Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilukada Tomohon Beldie Tombeg ST.
Menurut dosen Politeknik Negeri Manado ini, kunci kotak suara dipercayakan kepada salah satu anggota komisioner, dan gudang tempat penyimpanan kotak suara ditutup rapat.
Tombeg juga menegaskan, kotak suara tetap disimpan dalam keadaan aman, dan sampai sekarang belum ada satupun orang termasuk anggota KPU yang masuk ke dalam gudang penyimpanan. “Tidak boleh sembarangan orang, termasuk para petugas, penjaga hingga pegawai. Aturan internal kami, yang berhak masuk ke dalam ruang tempat penyimpanan kotak suara hanyalah komisioner yang dikawal oleh polisi, “sambungnya.
Atas dasar ini, Tombeg menjamin kotak suara tersimpan dengan aman sampai proses perhitungan ulang digelar. “Untuk mekanisme pembukaan kotak suara hingga perhitungan ulang masih akan dibahas dengan KPPS, PPS hingga PPK,” tutupnya. Share