ONLINE

Rabu, 01 September 2010

Pendukung J2 dan LSW-JSW Deg-degan

TOMOHON— Pendukung pasangan Jefferson SM Rumajar-Jimmy Eman dan Lineke S Watoelangkow-Jimmy Wewengkang semakin deg-degan. Bukan apa-apa. Sidang sengketa Pilwako yang berujung di Mahkamah Konstitusi (MK) akan tiba pada pembacaan putusan, Rabu (2/9) esok.
Jika acuannya adalah jalannya persidangan, maka LSW-JSW selaku pemohon dan KPUD Tomohon selaku termohon, sama-sama punya kans untuk berjaya di MK. Pasalnya, dua pihak itu sama-sama membawa saksi serta bukti yang dinilai menguntungkan posisi mereka.
KPUD Tomohon sebagai lembaga yang menetapkan kemenangan pasangan Jefferson Rumajar dan Jimmy Eman (J2) dari Partai Golkar optimis memenangkan pertarungan.
Menurut personil KPUD Tomohon Beldie Tombeg ST, pihaknya yakin pengakuan saksi PPK, PPS hingga KPPS akan melemahkan materi gugatan dari pemohon (LSW-JSW, red). “Intinya saat pelaksanaan Pilwako tidak ada kecurangan di TPS. Buktinya, semua saksi menandatangani formulir C1 di TPS,” tegasnya.
Kubu LSW-JSW juga yakin menang. Mereka mengklaim sejumlah saksi yang dihadirkan di MK terkait  sidang sengketa Pilwako berpotensi  membuat KPUD kalah. “Kalau melihat dari kesaksian, kita optimis akan ada kejutan dalam putusan nanti,” terang Sekretaris Partai Demokrat Tomohon, Youddy Moningka.
Ia menilai peluang itu cukup besar karena ada pernyataan saksi dari aparatur pemerintahan  yang diinstruksikan untuk memilih calon tertentu. “Itu sama salah satu bukti dari sekian banyak bukti yang kami sampaikan,” tandas Moningka. Share