ONLINE

Rabu, 01 September 2010

Tomohon Tertibkan Pengelolaan Keuangan

TOMOHON ~Setelah dilantik menjadi Penjabat Wali Kota dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon, Drs Gerson Mamuaja dan Ir Laurens Bulo MSc, terus berupaya melakukan pembenahan terutama dalam bidang keuangan.
Pasalnya, keduanya menyadari bahwa pentingnya perencanaan program untuk mencapai predikat tertib administrative terlebih tertib dalam pengelolaan keuangan.
Tak heran, keduanya pun dengan tegas meminta kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tidak menyelenggarakan suatu program tanpa perencanaan matang. “Penataan pengelolaan anggaran harus mendapat perhatian yang serius. Karena itu, mulai dari tahapan perencanaan hingga pelaksanaan program juga harus diperhatikan. Ini karena penjabaran program pemerintahan adalah berbasis anggaran. Jadi kedepan, pelaksanaan program tidak bisa dilakukan tanpa ada kajian terlebih dahulu. Ini sebagaimana amanat aturan yang berlaku,” tegas Sekkot Tomohon Ir Laurens Bulo MSc.
Disentil apakah langkah ini dilakukan untuk membenahi pengelolaan keuangan di Pemkot Tomohon yang beberapa tahun belakangan ini amburadul, Dengan tegas mantan Kepala Bappeda Kota Tomohon ini membantahnya. Menurutnya, ini adalah upaya dan langkah penyesuaian dengan aturan pengelolaan keuangan yang ada. “Tidak, ini bukan karena pengelolaan anggaran di Pemkot Tomohon yang tidak jelas, tapi ini kami lakukan guna menyesuaikan pengelolaan anggaran dengan aturan yang ada” tegas Bulo yang sampai saat ini juga masih menjabat sebagai Asisten II di Pemkot Tomohon.
Untuk itu, lanjut mantan Kabag Pembangunan di Pemkab Minahasa ini, akan bergulirnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) yang sudah tak lama lagi, dia berharap agar kepada semua SKPD untuk merencanakan secara matang semua program dan harus ada kajian yang matang. Sehingga, penggunaan anggaran nanti akan sesuai dengan aturan yang berlaku. Share