ONLINE

Selasa, 05 Oktober 2010

Aset Hibah Newmont Diusulkan Dijual

Manado - Sejumlah aset milik PT Newmont Minahasa Raya yang dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara diusulkan untuk dijual ke publik karena biaya perawatannya cukup tinggi.

"Hampir tiap tahun selalu dianggarkan biaya perawatan sejumlah aset PT NMR, namun belum difungsikan optimal oleh pemerintah daerah," kata anggota DPRD Sulut Djendry Keintjem di Manado.

Salah satu aset PT NMR yang belum ada kegiatan apa-apa seperti bantuan pembangkit listrik dengan daya sekitar 15 megawatt, setelah penyerahan sejak  2006 sudah rusak.


Ketua Fraksi PDIP itu mengatakan, biaya yang dikeluarkan melalui APBD untuk perawatan pembangkit itu sudah mencapai miliaran rupiah, namun belum juga dioptimalkan untuk membantu krisis listrik di daerah.

"Padahal pemerintah daerah sudah berjanji mengoptimalkan pembangkit listrik itu bekerja sama dengan pihak PLN, atau bahkan dialihkan ke daerah kepulauan yang minim pasokan listrik, tapi nyatanya belum juga dimanfaatkan," tambahnya.

Sementara untuk motor laut bantuan PT NMR masih berada di pelabuhan Bitung dan dinyatakan masih rusak, sementara 22 unit kendaraan jenis Land Cruiser Turbo sudah berada di tangan pimpinan SKPD.

Anggota DPRD Sulut lainnya Wisye Wilar mengatakan, aset PT NMR dijual ke publik merupakan solusi yang baik sehingga ada pemasukan untuk kas daerah.

"DPRD Sulut akan mendukung kebijakan penjualan asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan kontribusi besar bagi daerah," katanya. Share