ONLINE

Kamis, 07 Oktober 2010

Pemkot Tomohon Siap Bangun RSUD

Harapan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, untuk dapat membuka lapangan kerja baru bagi tenaga medis yang ada di Kota Tomohon dan sekitarnya, bakal diwujudkan dengan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pasalnya menurut Penjabat Wali Kota Tomohon Drs Gerson Mamuaja, dalam acara Ulang Tahun keenam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tomohon Rabu (6/10) kemarin, pemerintah sedang mengkaji rencana pembangunan RSUD, agar pelayanan kesehatan menjadi lebih optimal. Selain itu, kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang cukup tinggi, karena pasien bukan hanya berasal dari Tomohon sendiri, tetapi juga dari daerah lain seperti Minahasa. Yang lebih penting, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga medis, termasuk para bidan.
“Saat ini pemerintah kota sedang mengkaji agar di tahun yg akan datang RSUD sudah dibangun. Pemerintah juga sedang mengupayakan agar pemerintah pusat dapat membantu terbangunnya RSUD tersebut,” jelas Mamuaja.

Dalam acara yang dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Cabang dan Ranting IBI Tomohon, Mamuaja juga meminta agar melalui momentum Ulang Tahun, dapat menjadi bahan evaluasi dan intropeksi diri bagi dunia kesehatan, khususnya di Tomohon, berupaya memperbaiki dan meningkatkan kesehatan manusia, diantaranya dengan meningkatkan kualitas persalinan bayi yang sehat dan higienis, baik dalam prosesnya, maupun dari segi lingkungan.

“Kesemuanya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Dan sebagai pemerintah, salah satu tugas utama yakni mewujudkan masyarakat yang sehat, melakukan kegiatan yang menunjang terwujudnya peningkatan kesehatan dan membangun infrastruktur kesehatan,” tegas Mamuaja.

Acara yang diawali dengan ibadah syukur, turut dihadiri Ketua IBI Sulut Blandina Nangoy Sampakang,. Ketua IBI Tomohon Arleine Mamuaja, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan & Kesejahteraan Sosial (Kessos) dr Deesje Liuw MBiomed, Kepala Badan (Kaban) Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) dr Olga Karinda, Staf Ahli bidang Lingkungan Hidup Dolfin Karwur MKses MSi, dan pimpinan RS se-Kota Tomohon. Share