ONLINE

Kamis, 13 Januari 2011

Ical Optimis Epe Bebas

PARTAI Golkar yang mengusung Jefferson Rumajar alias Epe hingga terpilih kembali sebagai  Wali Kota Tomohon, optimis jika Epe akan lolos dari  jerat hukum. Golkar akan membela  Epe yang kini ditahan di  LP Cipinang  sebagai terdakwa kasus korupsi APBD Tomohon.
 
"Yang  bersangkutan masih dalam proses persidangan. Jadi  banyak hal yang bisa terjadi. Kami optimis beliau tidak bersalah,"  kata Ketua Umum Partai Golkar,  Aburizal Bakrie saat jumpa pers di Hotel Sutan Raja, Minut, usai Perayaan Natal dan Tahun Baru tingkat Nasional Partai Golkar, Rabu (12/1).
 
Terkait penonaktifan Epe, Ical mengatakan kewenangan Menteri Dalam Negeri. Ical melihat yang dilakukan Mendagri sudah sesuai dengan aturan, demikian pula  dengan pelantikan Epe. "Walikota dipilih bukan oleh pemerintah pusat atau pemerintah provinsi, makanya memang harus dilantik, walaupun kemudian dinonaktifkan," imbuhnya.
 
Ical menyatakan setiap kader yang terlibat persoalan hukum, sejauh masih tersangka dan proses tetap berjalan, Golkar tetap akan membantu melalui advokasi hukum.
Terpisah, Agung Laksono, Dewan Pembina Partai Golkar menyatakan Golkar akan membantu Epe.  "Kami Ada BakumHAM (Badan Hukum dan Hak Asasi Manusia) akan kami bela, kami siap," ujar mantan Ketua DPR RI ini.
 
Menanggapi pelantikan pejabat eselon II oleh Epe di LP Cipinang, menurut Agung Laksono, undang undang mendorong hal itu. "Beliau sudah Walikota sehingga berhak untuk melantik bawahannya. Soal pendapat menteri atau gubernur soal etika itu soal lain, undang undang memberi jalan," kata Agung.

Sumber : http://www.tribunmanado.co.id/read/artikel/14407 Share