ONLINE

Rabu, 12 Januari 2011

Tunduk pada SHS atau loyal ke Epe Posisi Eman Dilematis

Jimmy Eman yang kini bertindak sebagai Plt Walikota Tomohon lewat SK Mendagri Nomor 131.71-31 Tahun 2011, diharuskan bertindak cepat guna meredam di-namika yang terjadi di Pemerintahan Kota Tomohon, di mana terjadi dua-lisme pimpinan di tingkat sekre-taris kota. Eman sendiri dipastikan berada pada posisi dilematis terkait masalah ini.
Jika Eman mengakomodasi peja-bat yang dilantik dan diangkat Jefferson Rumajar SE di Cipi-nang, berarti dia harus ‘mela-wan’ Gubernur Sulut. Sebalik-nya, jika Eman merestui kepe-mimpinan Plt Sekkot Laurens Bulo cs, itu berarti dia akan mengkhianati Epe yang notabene pasangannya di pemilukada, sekaligus ketua partainya di DPD Partai Golkar Tomohon.
Ada sinyalemen kuat, Eman akan mematuhi keinginan Gubernur Sulut. Pasalnya, sebelum bertolak ke Tomo-hon, Eman telah di-brie-fing oleh SH Sarundajang di Jakarta. Hal ini dibenarkan Jubir Pem-prop Sulut, Drs Roy Tumiwa MPd saat diwa-wancarai wartawan via te-lepon, Selasa (11/01) kema-rin.
Menurut Tu-miwa, dalam pertemuan itu, Gubernur Sa-rundajang telah memberikan pengarahan dan petunjuk terkait pemerintahan di Kota Tomohon. “Pak gubernur sudah bertemu dengan pak Eman yang saat ini resmi sebagai Plt Walikota Tomo-hon. Bahkan gubernur lang-sung memberikan pengara-han sesuai petunjuk Men-dagri untuk melaksanakan tugas pemerintahan di Tomo-hon,” ungkap Tumiwa.
Lanjut Tumiwa, berbagai pe-tunjuk dan pengarahan dari gubernur kepada Eman ter-kait pemerintahan di Kota Tomohon dan Eman langsung disuruh secepatnya kembali ke Tomohon. “Bahkan gubernur sudah menginstruksikan kepada pak Eman untuk segera kembali ke Tomohon untuk mengendalikan jalannya pemerintahan,” tambahnya.
Selain itu, Tumiwa juga mengingatkan kepada para pejabat di Tomohon untuk tetap bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab. “Jadi diingatkan kepada para pejabat-pejabat di Tomohon untuk tetap bekerja sesuai tupoksi, bekerja seperti biasa lebih bersabar dan ikut aturan dan mekanisme,” tutur Karo Humas dan Pemerintahan Setdaprop Sulut ini. Saat ditanya soal dualisme kepemimpinan khususnya para pejabat eselon II, Tumiwa membantahnya.
“Tidak ada namanya dualis-me. Ikut saja aturan dan ke-pada seluruh pejabat di Tomo-hon untuk mendengar dan mengikuti petunjuk dari Plt Walikota yakni pak Jimmy Eman,” pungkasnya. Semen-tara secara terpisah, Jefferson ‘Epe’ Rumajar kepada Komentar mengatakan, dirinya sangat mempercayai Eman. ‘’Dia telah lama saya per-siapkan dan saya sangat mempercayainya,’’ aku Epe tidak khawatir bahwa Eman akan menikungnya.
Sementara seorang petinggi Partai Golkar di Tomohon ke-pada koran ini mengatakan, sikap Eman nantinya akan ditunggu. “Jika Eman meng-akomodir Bulo cs, maka di-pastikan dia tunduk pada SHS. Sedangkan jika dia me-muluskan Tulus dkk, dipas-tikan dia lebih mengikuti Epe,’’ ungkapnya. Yang pasti, kata dia, Golkar sendiri diha-ruskan melakukan berbagai persiapan terkait fenomena ini.


Sumber : http://www.hariankomentar.com/hl001.html Share