ONLINE

Rabu, 30 Maret 2011

3 Wilayah di Tomohon jadi Desa Wisata

TOMOHON -- Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata melakukan penelitian tentang ekonomi kerakyatan melalui pengembangan Desa Wisata di Kota Tomohon pada 2011 ini.

Gerardus Mogi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengatakan penenlitian tersebut dilakukan langsung oleh Titien Soekarya, staf ahli Menteri Bidang Ekonomi dan IPTEK. "Penelitian melihat semua aspek yang mendukung pariwisata dan dipusatkan di Kelurahan Kakaskasen," ujarnya, Rabu (30/3).

Dikatakan Mogi, dengan adanya penelitian itu banyak dampak positif yang dapat dirasakan warga Kota Tomohon, yakni selain bisa dikenal luas di daerah lain juga diyakini mampu memberi masukan dalam upaya pengembangan pariwisata dengan benar di Kota Tomohon. "Kota Tomohon pasti akan lebih dikenal sebagai daerah tujuan wisata," jelasnya.

Pada tahun 2011 ini juga, menurutnya tiga Kelurahan yakni Kakaskasen II, Woloan I dan Rurukan akan mendapat kucuran dana sekitar Rp 240 Juta dari pemerintah pusat lewan bantuan PNPM Mandiri. "Perencanaan program, pengelolaan keuangan dari bantuan tersebut akan dilakukan oleh kelompok ketiga Desa Wisata yang telah ditetapkan," tukas Mogi. Share