ONLINE

Rabu, 30 Maret 2011

Kadis PU Tomohon Jamin tak ada Jatah-jatahan Proyek

TOMOHON -- Enos Pontororing, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon mengatakan proses tender proyek pada 2011 akan dilaksanakan secara transparan, agar seluruh masyarakat bisa ikut mengawasi pelaksanaannya di lapangan.

"Proses tender proyek di PU dilaksanakan secara terbuka, dan semua kontraktor berhak mengajukan penawaran sesuai dengan yang disyaratkan. Tak ada jatah-jatahan proyek," tegasnya kepada Tribun Manado, Selasa (29/3).

Untuk tahun 2011 ini Dinas PU, kata Enos akan mengerjakan 23 paket dengan nilai sekitar Rp 45 Miliar yang dananya bersumber dari APBD Kota Tomohon. "Pendaftaran tender (pelelangan umum) telah dimulai sejak Rabu (23/3) pekan lalu, dan hari ini akan diberi penjelasan soal proyek tersebut kepada para kontraktor," tuturnya sembari menambahkan hingga kini belum ada kontraktor yang di black list oleh pihaknya karena lalai dalam mengerjakan proyek.

Roy Tangkawarouw, Kabid Bina Marga PU Kota Tomohon mengungkapkan pemasukan dokumen penawaran oleh para kontraktor akan berakhir, Kamis (31/3) besok. "Selanjutnya akan ada pembukaan dokumen penawaran, evaluasi dan pengumuman pemenang," tegasnya.

Sementara itu, James Karundeng warga Kelurahan Tinoor Kecamatan Tomohon Utara meminta Dinas PU konsisten melakukan tender dengan transparan dan menghindari adanya jatah-jatahan. "Proses tender memang harus dilaksanakan terbuka, juga baiknya hanya kontraktor yang profesional dan sudah teruji saja yang diberi kesempatan melaksanakan proyek agar kualitasnya lebih terjamin. Jangan karena kedekatan dan sudah dijatahi, akibatnya fatal yakni proyek bisa cepat rusak meski baru dikerjakan, " tegasnya.

Ia berharap jalan rusak yang ada di Kelurahan Tinoor juga dapat diprioritaskan untuk diperbaiki, sehingga aktifitas warga bisa berjalan lancar dengan memadainya infrastruktur jalan. "Jalan di daerah kami banyak yang rusak, dan belum pernah diperbaiki sehingga sangat menyulitkan dan membahayakan keselamatan warga karena kerusakannya sudah sangat parah," tukasnya.

Sumber : Tribun Manado Share