ONLINE

Rabu, 30 Maret 2011

BKD Tomohon Usul Formasi SMA ke Menpan

TOMOHON -- Masna Pioh, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kota Tomohon akan mengusulkan penerimaan formasi SMA dan SMK ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun 2011 ini.

Hal itu diungkapkan Pioh kepada Tribun Manado, Rabu (30/3). "Untuk penerimaan CPNS Tahun 2011 formasi SMA dan SMK masih diusulkan. Untuk jumlahnya belum bisa disampaikan karena usulan masih menunggu ditandatangani oleh Pak Walikota (Jimmy Eman," ujarnya, kemarin.

Ferdinand Mono Turang, Sekretaris Fraksi Gerakan Nurani Rakyat mengingatkan pemerintah kota konsisten memperjuangkan formasi SMA dan SMK agar mendapatkan porsi dalam penerimaan CPNS. "Pemerintah Kota harus serius berjuang, agar pemerintah pusat mau mengakomodir lulusan SMA/SMK. Sebab, tanggungjawab juga dari pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja bagi mereka. jangan hanya dibebankan pada sektor swasta, sementara realita swastapun agak kesulitan dengan lowongan terbatas dan persyaratan yang rumit," katanya.

Menurut Turang, memang tidaklah mungkin mengakomodir semua lulusan SMA dan SMK pada penerimaan kali ini, sebab jumlahnya sangat banyak. Tapi, minimal setiap tahun ada penerimaan meski jumlahnya sedikit sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. "Jadi jangan ada diskriminasi terhadap lulusan SMA dan SMK. Ada banyak posisi di birokrat yang kerjanya tidak harus yang bergelar sarjana melainkan bisa lulusan SMA dan SMK, apalagi kerja yang sifatnya admnstrasi," tegasnya.

Hal tersebut, katanya, juga bisa meringankan APBD karena biaya gaji untuk mereka tidak sebanyak untuk membayar lulusan sarjana. "Bukan karena keinginan mereka sehingga tidak bisa meneruskan ke perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar sarjana, tapi karena situasi perekonomian yang mempengaruhi ekonomi keluarga hingga tak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," tukas Turang. Share