ONLINE

Jumat, 18 Maret 2011

Arnold Poli Dinilai Paling Tepat jadi Sekkot Tomohon

TOMOHON -- Arnold Poli dinilai sebagai sosok yang paling tepat untuk menjabat sebagai Sekretaris Kota Tomohon. Sebab, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kota Tomohon ini dikenal bersih alias bebas korupsi dan memiliki track record bagus selama berkarir menjadi birokrat.

"Nomor satu itu seorang Sekretaris Kota harus melawan korupsi, jangan seperti sekarang, pemerintah justru berhutang pada rakyat (pihak ke-3). Jadi saya menilai Arnold Poli adalah sosok yang paling pas karena track recordnya bagus selama jadi pejabat dan belum terindikasi melakukan korupsi, juga mampu membina kemitraan dengan bawahannya," ujar Josis Ngantung, Ketua LSM Format, Kepada Tribun Manado, Jumat (18/3).

Penilaian itu diungkapkan Josias setelah Plt Walikota Jimmy Eman mengusulkan 3 nama ke pemerintah untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Sekretaris Kota Tomohon. Ketiga nama ini secara berurutan yaitu Plt Sekretaris Kota Arnold Poli, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jani Tulus, serta Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Hermal Gosal.

Pendapat lain diungkapkan Jeffry Mottoh, anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar. Menurutnya seorang Sekretaris Kota haruslah sosok yang anti korupsi, bermoral, punya dedikasi serta integritas yang tinggi, dan loyal pada atasan. "Jika satu diantara tiga nama yang diusulkan Pak Walikota memenuhi kriteria yang saya sebutkan tadi, maka dialah yang akan jadi. Tapi semuanya hanya Tuhan dan Gubernur yang tahu siapa dia," jelasnya.

Sedangkan James Kojongian, anggota DPRD Kota Tomohon lainnya menegaskan sosok Sekretaris Kota yang pas adalah sosok yang dapat bekerja seiring sejalan dan mampu menjalankan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota terpilih. "Sekretaris Kota kedepan harus mampu bekerja optimal untuk mewujudkan visi misi yag sudah ditetapkan," tegas Ketua Komisi B ini.

Mamuaja dan Paat alternatif
Sementara itu, Nico Kamuh, warga Kota Tomohon berpendapat tiga nama yang diusulkan berpeluang sama untuk ditetapkan. "Semua berpeluang jika dilaksanakan sesuai  aturan, yaitu lewat mekanisme fit and propertest," ungkapnya.

Persyaratan yang mesti dipenuhi seorang Sekretaris Kota, menurut Nico adalah terukur, birokrat tulen, senior dan berpengalaman dalam pemerintahan. "Nama-nama seperti AE Paat, Gerson Mamuaja, Andrikus Wuwung dan Ervinz Liuw bisa juga dipertimbangkan untuk diusulkan, sebab tercatat sebagai birokrat handal dan sangat senior di Kota Tomohon," tukasnya.

Sumber : http://manado.tribunnews.com/2011/03/18/arnold-poli-dinilai-paling-tepat-jadi-sekkot-tomohon Share