ONLINE

Sabtu, 02 April 2011

Angin Kencang Terjang Wilayah Sulut

MANADO -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Samratulagi Manado Nurhadi mengatakan dalam beberapa hari mendatang angin dengan kecepatan 50 kilometer per jam sampai lebih akan menerjang wilayah Sulawesi Utara (Sulut) yang bertiup dari arah Barat menuju timur maupun barat daya, Sabtu (3/4/2011). Angin tersebut terjadi pada siang hingga sore hari disertai hujan ringan sampai dengan sedang.

"Kondisi tersebut terjadi adanya awan konvektif di hampir seluruh wilayah Sulut," katanya.

Nurhadi menambahkan terjadinya cuaca tersebut karena adanya pola tekanan rendah di timur Mindanao Flipina dan di sebelah utara Australia yang menyebabkan hembusan angin yang kencang di atas wilayah Sulut.

Kencang angin di atas Sulut  ikut pula mempengaruhi kecepatan angin di permukaan karena adanya penyinaran matahari, yang menyebabkan massa udara naik ke atas, sehingga terbentuknya awan konvektif. Namun demikian cuaca seperti itu hanya terjadi pada siang hari saja, sedangkan pada malam hari karena penyinaran matahari sudah tidak ada sehingga cuaca akan kembali normal. "Hal ini masih akan terjadi hingga dua hari kedepan," ujarnya.

Sedangkan untuk potensi puting beliung dari keadaan cuaca seperti ini kecil kemungkinan terjadi, sebab sifatnya sekarang ini cukup luas dan merata di hampir wilayah Sulut. Sedangkan puting-beliung biasa hanya terjadi pada daerah tertentu saja. "Kalau puting beliung biasanya sifatnya lokal saja, sedangkan saat ini awan konvektifnya tersebar di Sulut," ungkapnya. Share