ONLINE

Selasa, 10 Mei 2011

Dishut Tomohon Akan Menambah Pos Pengawasan Di 5 Kawasan Hutan

TOMOHON -- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon akan mendirikan pos pengamanan hutan. Pos ini akan didirikan di 5 kawasan hutan yaitu Mahawu, Tatawiran, Tampusu, Insarang, dan Masarang.

Corry Coreles, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon mengatakan pendirian pos tersebut sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah ini yang mulai dirusak oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. "Dengan adanya pos pengawasan itu, maka setiap warga yang akan naik ke gunung harus menanam pohon melalui program "one man one trees", kami sudah menyiapkan bibit, termasuk penyuluh pendamping untuk mensukseskan kegiatan penghijauan ini," katanya, Selasa (10/5) kemarin.

Selain menggiatkan penanaman pohon, pihaknya kata Corry juga mengoptimalkan fungsi pengawasan dari jajaran Polisi Kehutanan, untuk mencegah terjadinya perambahan hutan yang dapat mengancam keseimbangan lingkungan. "Polisi Kehutanan yang ada di Tomohon akan dimaksimalkan meski jumlahnya memang belum memadai," tegasnya.

Menurutnya, Polisi Kehutanan di Tomohon
Kini berjumlah 26 orang. Dari angka tersebut hanya 5 orang yang tercatat sebagai pegawai negeri sipil (PNS). "Jumlah ideal Polisi Kehutanan minimal 30 orang, karena luas hutan mencapai 3000 hektar. Jadi satu orang Polisi menjaga 100 hektar hutan," tuturnya. Share