ONLINE

Minggu, 03 Juli 2011

Abu Soputan Hujani Tomohon

TOMOHON -- Dampak letusan Gunung Api Soputan tak hanya terjadi di Wilayah Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara, tapi juga di Kota Tomohon. Hal ini terlihat dengan turunnya hujan abu, akibat letusan yang terjadi sekitar pukul 00.22 Wita malam tadi.

Abu akibat letusan Gunung Soputan terlihat jelas menyebar di atap rumah warga, atap kendaraan, ataupun peralatan yang digunakan seperti hand phone namun tak setebal yang terpantau seperti di daerah yang terkena dampak langsung. Abu terlihat sangat tipis, warga pun tak merasa terganggu dan takut, hanya saja mereka terkejut karena letusan terjadi tiba-tiba. Langit juga terlihat sangat cerah, tak ada kumpulan awan yang menutupi cahaya matahari.

"Dampak letusan Soputan juga terjadi di Tomohon, abu sampai ke Pos Pemantau Gunung Lokon," ujar Farid Bina, Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon, Minggu (3/7).

Ia mengungkapkan sejauh ini tak ada dampak lain, hanya abu saja karena terbawa angin saat terjadi letusan. "Tak ada dampak lain, hanya abu saja," tukasnya. Share