ONLINE

Minggu, 15 Juli 2012

Status Gunung Lokon Belum Diturunkan

TOMOHON — Masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya diminta untuk tidak melakukan aktivitas, di sekitar radius bahaya 2,5 Km dari Gunung Lokon. Sebab, ancaman bahaya letusan dari gunung tersebut masih berpotensi terjadi sewaktu-waktu, tanpa bisa diduga oleh siapapun.

“Kita tidak akan pernah tahu pasti kapan Gunung Lokon akan meletus lagi, sebab gejala alam sulit ditebak. Jadi, jika ada yang memaksakan diri beraktivitas dalam radius bahaya, apalagi sampai mendekati Kawah Tompaluan dengan melakukan pendakian, maka menjadi tanggungjawab sendiri, sebab rekomendasi tak pernah diberikan untuk beraktivitas disana,” ujar Suwarno, staf Pos Pemantau Gunung Lokon, kepada Tribun Manado, Sabtu (14/6).

Ia menjelaskan status Gunung Lokon hingga kini belum berubah, masih tetap siaga (level III) dengan radius bahaya 2,5 Km. “Status belum diturunkan, masih bertahan pada level siaga, sebab eskalasi ancaman akibat letusan masih ada, baik hujan abu vulkanik, lontaran batu pijar, hingga kemungkinan terjadinya awan panas,” tegasnya.

Hingga kemarin, aktivitas Gunung Lokon masih terus terekam pada Sesmograf, yang ditandai adanya gempa vulkanik dalam 2 kali, vulkanik dangkal 8 kali, dan gempa Tremor terus menerus. “Adanya gempa tersebut mengindikasikan supply energi masih terus berlangsung, dan memungkinkan terjadinya letusan sewaktu-waktu,” tegasnya.

Kendati demikian masyrakat yang bermukim di sekitar radius bahaya 2,5 Km diminta Suwarno tetap waspada, dan tidak terpancing dengan isu-isu menyesatkan yang dapat menimbulkan keresahan. “Untuk mendapat informasi akurat seputar aktivitas gunung, dapat langsung ke pos, atau dari pemerintah yang memiliki kompetensi langsung,” ungkapnya.

Danramil Tomohon Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin, menegaskan pihaknya tetap melakukan pemantauan terhadap perkembangan aktivitas gunung, untuk mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan pada masyarakat. “Personel tetap bersiaga, kapan saja dibutuhkan siap digerakkan untuk membantu masyarakat,” tukas mantan Wakil Komandan Komando Siaga Darurat Gunung Lokon itu.

Sumber : http://manado.tribunnews.com/2012/07/14/status-gunung-lokon-belum-diturunkan Share